Mengapa Uji Kompetensi Guru Online Macet



Dengan asumsi bahwa yang dimaksud UKG online dengan real time  secara teknis adalah semua client mengakses server pusat secara bersama-sama, server pusat  akan terbebaniap abila diakses secara serentak oleh puluhan ribu peserta secara bersama-sama, belum lagi berapa besar bandwit yang digunakan untuk mengaksesnya. (bayangkan apa yang terjadi jika semua kendaran yang ada menuju tempat yang sama pada saat yang bersaman pula)

 
Namun bila pelaksanaan UKG online tersebut dengan mengakses pada server lokal bukan langsung pada server pusat, artinya soal ujian yang dikerjakan oleh para peserta terdapat. Data perserta dan soal-soal ujian terlebih dahulu didownload dari server pusat dan dimasukan ke server lokal dimana ujian dilangsungkan
Maka kemungkinan lain  penyebab kemacetan koneksi internet, dapat disebabkan karena :
1.      Terjadi gangguan dalam proses instalasi software dan jaringan lokal (LAN).  Hal ini biasanya dianggap enteng apalagi tidak dilakukan simulasi dan uji coba pada server lokal secara tuntas, sehingga teknisi setempat tidak mampu menyelesaikan masalah disaat pelaksanaan sebenarnya.
2.      instalasi benar namun terdapat gangguan koneksi internet pada tempat pelaksanaan UKG sehingga soal dan data peserta tidak dapat didownload.  Hal ini mengingat data dan soal yang didownload tentu tidak kecil, sehingga memerlukan waktu. Untuk waktu yang disediakan sesuai SOP pelaksanaan UKG online, tim teknis mempersiapkan kondisi server (tentu saja berserta soal dan data peserta) 30 menit sebelum pelaksanaan ujian. Waktu ini akan berbeda di setiap daerah, tergantung pada koneksi internet yang ada.
3.      Sebenarnya masih terkait koneksi internet yaitu terdapat gangguan pada saat proses download, seperti laporan di atas, dimana menyebutkan bahwa sebagain soal dapat dikerjakan sedangkan sebagian lagi tidak dapat dikerjakan. Hal ini berarti bahwa soal dan data didownload ke server lokal tidak lengkap atau bank soal yang tersedia pada server pusat tidak lengkap, namun kemungkinan tidak lengkapnya soal pada server pusat kelihatanya tidak mungkin.
4.      Proses download berhasil sedangkan proses restore data soal dan peserta pada server lokal bermasalah. Hal ini dapat terjadi karena terjadi gangguan software atau database  yang dipasang pada server. Lebih parah lagi kalau sumber daya teknis tidak menguasai sehingga membuat kepanikan.
5.      Proses download berhasil, restore soal dan data peserta berhasil namun jaringan lokal (LAN) pada tempat pelaksanaan UKG bermasalah.  Ini bagian yang tidak dapat dipandang enteng sperti yang yang dilaporkan pada pemberitaan di atas. Proses login peserta yang gagal dapat saja bermasalah pada jaringan lokal. Karena peserta melakukan login bukan pada server pusat.
ataupun mungkin penyebab teknis yang lain.
Namun pada kenyataannya pelaksanaan di hari pertama hingga hari ketiga ternyata timbul permasalahan teknis dengan adanya kegagalan koneksi internet dengan server sehingga beberapa peserta UKG harus tertunda pelaksanaannya sampai waktu yang belum ditentukan. Lebih memprihatikan lagi setelah penulis mengikuti uji Kompetensi dan mengerjakan soalnya ternyata solanya banyak yang tidak dapat dikerjakan atau tidaka ada jawabannya dan juga dalam penulisan soal nya tidak menggunakan kaidah penulisan soal yang telah dibakukan
Pelaksanaan UKG Online, seharusnya dipersiapkan dengan dukungan SDM dan Peralatan yang baik untuk itu  pelaksanaan UKG Online sebaiknya ditindaklanjuti dengan proses audit, karena proses pelaksanaan bukan saja merugikan dan mengecewakan banyak guru dan telah mnghabis  uang negara yang tidak sedikit untuk melaksanakan proyek ini  
Posting Komentar