INDIKATOR IPS & MATEMATIKA SOAL UNAS SMP 2013


INDIKATOR SOAL  IPS 2013
1.     Peserta didik dapat menyebutkan dua tenaga pembentuk muka bumi.
2.     Dengan disajikan cerita, Peserta didik dapat menyebutkan syarat terjadinya interaksi sosial komunikasi negative
3.     Dengan disajikan data,Peserta didik dapat menyebutkan unsur unsur peta.
4.     Dengan disajikan gambar, Peserta didik dapat menentukan hujan konveksi
5.     Dengan disajikan kolom pernyataan, Peserta didik dapat menentukan masalah kependudukan di Indonesia
6.     Peserta didik dapat menyebutkan salah satu dampak permasalahan penduduk
7.     Peserta didik dapat memberikan contoh bentuk kerusakan yang disebabkan oleh faktor alam
8.     Peserta didik dapat menjelaskan salah satu hal yang penting dalam pelaksanaan pembangunan berkelanjutan
9.     Dengan disajikan pernyataan, Peserta didik mampu menentukan perubahan kebudayaan dalam masyarakat.
10. Dengan disajikan gambar, Peserta didik dapat menentukan perubahan sosial dan budaya dalam masyarakkat.
11. Dengan disajikan pernyataan, Peserta didik mampu menentukan ciri ciri negara maju
12. Peserta didik mampu menjelaskan warna kuning yang digambarkan dalam peta umum
13. Dengan disajikan peta Asia Tenggara, Peserta didik mampu menentukan letak kuil Angkorwat
14. Peserta didik mampu menyebutkan urutan benua di dunia dari yang terluas
15. Disajikan pernyataan, Peserta didikdapatmenentukan karakteristik benua Afrika.
16. Peserta didikmampumenjelaskan zaman prasejarah
17. Peserta didik mampu menjelaskan alasan utama kehidupan manusia purba tidak menetap
18. Peserta didik dapat menyebutkan salah satu pengaruh Hindu di Indonesia dalam bidang pemerintahan
19. Peserta didik dapat menjelaskan salah satu pendorong kedatangan orang-orang Eropa ke negara-negara di timur
20. Peserta didik dapat menjelaskan segi positif sistem tanam paksa
21. Dengan disajikan gambar tokoh, Peserta didikdapat menentukan tokoh pendiri Budi Utomo
22. Dengan disajikan pernyataan, Peserta didik dapat menyebutkan hasil sidang PPKI 1945
23. Peserta didik dapat menjelaskan penyebab khusus terjadinya perang dunia 2 di wilayah Eropa
24. Peserta didik dapat menyebutkan tujuan NICA datang ke Indonesia
25. Peserta didik dapat menjelaskan tujuan para pejuang membumihanguskan kota Bandung
26. Peserta didik dapat menjelaskan dampak serangan umum 1 maret 1949 bagi pejuang Indonesia
27. Peserta didik dapat menjelaskan penyebab utama ketidakstabilan politik pada masa demokrasi liberal
28. Dengan disajikan pernyataan, Peserta didik dapat menyebutkan faktor-faktor yang mendorong keinginan untuk kembali ke NKRI
29. Peserta didik dapat menyebutkan upaya-upaya yang ditempuh Indonesia dalam mengembalikan Irian Barat
30. Dengan disajikan pernyataan, Peserta didik mampu menyebutkan upaya-upaya memperbaiki keadaan politik dan ekonomi masa Orde baru
31. Peserta didik dapat menjelaskan masalah utama gerakan reformasi Indonesia
32. Peserta didik dapat menyebutkan salah satu isi Tritura
33. Peserta didik dapat menjelaskan alasan yang mendorong manusia melakukan kegiatan ekonomi
34. Peserta didik dapat memberikan contoh kebutuhan Peserta didik berpedoman pada prinsip ekonomi
35. Peserta didik dapat menjelaskan dampak positif dari kreativitas
36. Peserta didik dapat memberikan contoh langkah cara menghindari pemborosan dalam mengkonsumsi barang dan jasa.
37. Peserta didik dapat memberikan contoh perluasan produksi dengan jalan diversivikasi
38. Dengan gambar uang, Peserta didik dapat menentukan nilai uang nominal
39. Peserta didik dapat menyebutkan tugas bank Sentral
40. Dengan disajikan contoh kehidupan sehari-hari, Peserta didik dapat menghitung kurs uang
41. Peserta didik dapat menyebutkan faktor pendorong terjadinya perdagangan Internasional
42. Dengan disajikan pernyataan, Peserta didik dapat memilih pernyataan yang paling benar tentang devisa negara
43. Peserta didik dapat menjelaskan tugas organisasi pembangunan PBB
44. Peserta didik dapat menyebutkan dampak negative perdagangan bebas.
45. Dengan disajikan pernyataan, Peserta didik dapat menentukan peran Indonesia dalam kerjasama OPEC
46. Peserta didik dapat menyebutkan salah satu hambatan perdagangan internasional berkaitan denga tarif bea masuk
47. Peserta didik dapat menjelaskan dampak negatif globalisasi bagi eksistensi jati diri bangsa
Untuk nomer 48-50
Disajikan Wacana dengan tema Kabupaten Sleman Sebagai Tujuan Wisata,
48. Peserta didik dapat  menyebutkan dominasi perekonomian di kabupaten Sleman,
49. Peserta didik dapat menjelaskan sifat ”open Minded”
50. Peserta didik dapat menjelaskan peran monumen Jogja Kembali



 


Posting Komentar